Cara Paling Ampuh Untuk Mengatasi Batuk pada Bayi dan Anak Balita

Cara Paling Ampuh Untuk Mengatasi Batuk pada Bayi dan Anak Balita 


Cara Paling Ampuh Untuk Mengatasi Batuk pada Bayi dan Anak Balita | Mengatasi batuk pada bayi sebaiknya tidak dilakukan sembarangan. Meski nampaknya sepele, perlu diingat bahwa sistem kekebalan bayi masih sangat lemah. Cara mengobati penyakit pada bayi sebaiknya tidak disamakan dengan orang dewasa, sebaiknya jangan bereksperimen dengan obat dewasa pada bayi meski dalam dosis kecil. Banyak jenis obat batuk tersedia dan diformulasikan untuk bayi dan anak-anak. Tapi perlu Anda perhatikan juga bahwa mengatasi batuk pada bayi 1 bulan ini jelas berbeda dengan cara mengatasi batuk pada balita yang usianya lebih dari satu tahun. Oleh karena itu tidak disarankan untuk memberi bayi atau bayinya obat batuk apapun, selalu baca petunjuk penggunaannya terlebih dahulu, dan akan lebih baik jika dikonsultasikan oleh dokter. Baca juga: Tips Memilih Obat Batin 2 Tahun yang Aman.

Sistem kekebalan yang lemah menyebabkan bayi mudah sakit, sehingga kesehatannya harus benar-benar diurus. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Meski batuk dianggap penyakit ringan, hal ini sering dikaitkan dengan tanda atau gejala penyakit lain di dalam tubuh, termasuk penyakit berat. Selalu waspada terhadap batuk yang dialami anak Anda, terutama untuk bayi dan juga anak balita. 

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan saat bayi Anda batuk. Mulai dari obat dokter, jamu dan obat tradisional. Di Indonesia sendiri, obat batuk tradisional lebih sering digunakan untuk mengobati batuk pada bayi atau balita. Meski kedua obat tersebut, obat tradisional diyakini kurang berisiko untuk anak-anak dibandingkan dengan obat kimia. Berikut adalah beberapa tip dan solusi alami untuk meringankan batuk pada bayi.

1. Kapur + Madu

Bagi bayi yang usianya di atas satu tahun, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan campuran minuman jeruk nipis dan madu. Campuran madu dan jeruk nipis ini akan meredakan gatal di tenggorokan dan mampu merangsang pelepasan air liur yang bisa meredakan batuk pada bayi. Untuk bayi berusia 1 sampai 5 tahun resepnya adalah setengah sendok teh madu dengan sedikit lemon dicampur dalam air hangat. Cobalah untuk mendapatkan bayi ini sebelum tidur. Bisa diminum beberapa kali sehari sesuai kebutuhan.

2. Kunyit

Cara mengatasi batuk bayi berikutnya adalah dengan menggunakan racikan kunyit. Selain umum digunakan oleh orang dewasa, kunyit juga bisa digunakan untuk menyembuhkan batuk pada bayi dan balita. Caranya tidak terlalu rumit, bagi anda yang memiliki bayi atau balita yang masih menyusui, aplikasikan kunyit bubuk ke payudara ibu sebelum menyusui bayi. Selain itu ada juga cara lain adalah dengan mencampur bubuk kunyit menjadi susu. Beri kunyit itu kepada anak sakit dua kali sehari. Kunyit mampu mengurangi peradangan dan memperkuat daya tahan bayi.

3. Minyak Tradisional

Ramuan tradisional lainnya yang bisa mengatasi batuk pada bayi adalah minyak tradisional. Minyak yang banyak variannya di Indonesia seperti minyak kayu putih, minyak peppermint, atau minyak rosemary, dinilai bisa membantu mempercepat proses penyembuhan batuk pada balita dan balita. Meski tidak seperti dikonsumsi seperti dua ramuan sebelumnya, namun cara ini juga dinilai cukup efektif untuk membantu mengatasi batuk pada bayi 5 bulan, 1 tahun atau kurang lima (tidak ada batasan usia). Jangan gunakan minyak tradisional ini di dekat wajah bayi Anda, hanya di dada, pertama-tama oleskan dalam jumlah kecil.

4. Bawang putih

Selanjutnya Anda bisa mencoba dengan bawang putih. Caranya adalah dengan mengeringkan bawang putih, bisa dengan dipanggang. Setelah kering dan dingin, masukkan ke dalam tas kain lalu masukkan ke tempat tidur bayi Anda, tapi jangan terlalu dekat atau berada dalam jangkauan bayi. Untuk bayi di atas 6 bulan, bisa juga dilakukan dengan menggosokkan tas kain di dada, tapi jangan langsung melakukannya, periksa dulu suhu dan pegang dengan tangan.

Selain yang sudah disebutkan di halaman sebelumnya, ada beberapa tips lagi untuk meringankan batuk pada bayi. Berikan bayi Anda minum dengan air hangat secara teratur agar tetap terhidrasi. Kemudian juga berikan bubur bayi berupa bubur sayuran dan bubur ayam, keduanya bisa membantu memulihkan kekebalan bayi.

Cara Paling Ampuh Untuk Mengatasi Batuk pada Bayi dan Anak Balita | Meski ramuan tradisional ini memiliki efek yang relatif lebih lama dibandingkan dengan konsumsi obat kimia atau obat dari dokter, risiko atau efek sampingnya lebih kecil dan relatif lebih aman untuk bayi dan balita. Selain bahan alami, sistem kekebalan tubuh bayi juga masih belum terlalu kuat untuk mengkonsumsi banyak obat kimia.

Namun bila dengan cara diatas sudah tidak mempan, kami memberikan solusi paling ampuh yaitu dengan menggunakan Jelly Gamat Gold-G.


                          Untuk lebih lengkap silahkan klik Obat Batuk Untuk Anak

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Paling Ampuh Untuk Mengatasi Batuk pada Bayi dan Anak Balita "

Posting Komentar