Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Yuk Kita Intip Manfaat Buah Naga Merah Untuk Tubuh Kita

Kali ini kita akan membahas tentang manfaat buah naga merah untuk kesehatan kita. Tuhan menciptakan banyak tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan yang bermanfaat bagi tubuh seperti buah naga merah. Sebelum kita membahas manfaat buah naga merah untuk kesehatan alangkah baiknya kita kenali terlebih dahulu seperti apa sih buah naga merah itu?
Perlu sahabat ketahui bahwa buah naga merah ini berasal dari Amerika Tengah dengan nama latin Hylocereus polyrhizus. Buah naga merah adalah buah musiman artinya tidak tumbuh sepanjang tahun. Sehingga akan melimpah pada saat musim panen. Buah naga merah memiliki bentuk oval dengan warna kulit buah merah sampai merah muda dan dikelilingi sejenis sisik berwarna hijau. Daging buahnya berwarna merah terang dan didominasi oleh biji-biji kecil yang berwarna hitam. Rasanya manis menuju hambar.
Buah naga merupakan buah yang mengandung anti oksidan yang tinggi. Di dalamnya terkandung berbagai zat yang baik bagi tubuh seperti : kalsium, betakaroten, gula sederhana, vitamin, B1, B2, B3 , vitamin C , fosfor dan lycopine. Zat-zat tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selanjutnya mari kita bahas manfaat buah naga merah untuk tubuh kita.

Apa Sih Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan?

khasiat buah naga merah
Menurunkan Gula Darah dan Mencegah Diabetes
Buah naga merah mengandung gula sederhana sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, bahkan para penderita diabet dianjurkan untuk sering mengkonsumsi buah naga merah. Hal ini karena ada penelitian yang menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi buah naga merah maka kadar glukosa dalam darah menjadi turun.
Melancarkan Pencernaan Dan Menyehatkan Jantung
Buah naga merah mengandung serat alami yang tinggi. Serat sangat bagus untuk melancarkan pencernaan yang bermasalah. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsinya jika anda sering tidak lancar BAB dan terkena sembelit. Dianjurkan juga untuk yang sedang diet rajin mengkonsumsi  buah naga merah. Fiber atau serat juga berfungsi sebagai zat yang melawan dan mencegah penyakit seperti serangan jantung, stroke dan gangguan kardiovaskular.  Kandungan betakaroten dalam buah naga merah membuat vitamin A bekerja dan memperbaiki penglihatan.
Meningkatkan nafsu makan
Kandungan vitamin B1 dan B2 dalam buah naga merah bisa menyebabkan nafsu makan kita bertambah. Karena di dunia kedokteran vit B1 dan B2 sering digunakan untuk penambah nafsu makan khususnya ketika dalam proses penyembuhan dari sakit.
Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Kekebalan tubuh kita akan kuat jika vitamin C dalam tubuh terpenuhi. Nah karena buah naga merah ini mengandung banyak vitamin C maka buah naga bisa dijadikan alternatif sebagai asupan vit. C bagi tubuh kita. Kekebalan tubuh biasanya akan terganggu pada saat musim yang tidak menentu atau musim yang ekstrim yang kadang panas kadang hujan. Mending makan buah naga merah untuk menjaga daya tahan tubuh, enak kan..
Memperkuat tulang dan Gigi
Kandungan fosfor dan kalsium pada buah naga sangat baik untuk memperkuat tulang dan gigi. Sebagaimana kita tahu bahwa tulang dan gigi sangat memerlukan asupan fospor dan kalsium yang cukup agar tulang dan gigi kita sehat. Jadi jika ingin sehat tulang dan gigi alternatifnya adalah rajinlah makan buah naga merah. Tapi jangan lupa tetep sikat gigi ya..
Merawat Kesehatan Kulit
Manfaat buah naga merah berikutnya adalah berguna untuk merawat kesehatan kulit. Vitamin C yang terkandung dalam buah naga merah bisa juga digunakan untuk perawatan kulit. Yaitu dengan cara dibuat menjadi masker. Caranya adalah kupas kulit buah naga dan ambil dagingnya lalu blender sampai halus.  Masukan ke gelas dan ambil airnya lalu dioleskan kewajah. Masker ini bisa menjadi obat herbal untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat.

Nah itulah beberpa manfaat buah naga merah untuk kesehatan, semoga bermanfaat

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan"

Posting Komentar